11 PERTOLONGAN PERTAMA PASCA KEBANJIRAN PADA MOBIL


Berikut ini adalah tips-tips untuk meminimalisir kerusakan pada mobil anda pasca kebanjiran

1503470_218864284964124_844804016_n Ilustrasi kondisi interior pasca banjir_dashbor mobil-terendam-banjirok

1. Matikan Mesin

Jika mobil usai terendam, jangan nyalakan mesin terlebih dahulu. Hal ini bisa menyebabkan adanya korslet dan air banjir bisa terhisap banyak masuk ke dalam mesin. Akibat yang paling fatal jika poin nomor satu ini dilakukan adalah mesin mobil bisa meledak. So, untuk memindahkan posisi mobil, lakukan dengan cara mendorong.

2. Copot Kabel Accu
Segera lepaskan kabel positif aki, hal ini bertujuan untuk menghindari hubungan arus pendek (korsleting) dari arus listrik yang dapat merusak komponen elektronik di dalamnya.

3. Lepas Rem Tangan (Handrem)
Segera non-aktifkan rem tangan, lalu gunakan batu atau masukkan perseneling ke gigi 1 untuk menghindari kanvas rem melekat, terutama pada mobil yang masih menggunakan rem tromol.

4. Kuras Oli
Cek semua oli ataupun minyak, baik itu transmisi, mesin dan yang lainnya. Kemungkinan oli ataupun minyak yang dipakai pada mobil telah tercampur air, jadi sebaiknya kuras semua oli maupun minyak tersebut dengan yang baru.

5. Kuras BBM
Kuras juga tangki bahan bakar, agar memastikan bensin atau solar tak bercampur air dan menghindari karat pada bagian dalam tangki.

6. Amankan Kelistrikan
Keringkan Busi, saringan udara (air filter), karburator, koil, alternator, delco (distributor) kabel-kabel dan seluruh bagian atau komponen mobil yang berhubungan dengan kelistrikan. Pastikan semua sampai benar-benar dalam kondisi kering lalu lakukan pemeriksaan semua fungsi-fungsinya masing-masing komponen tersebut.

7. Cek Audio
Cek fungsi audio sistem terutama head unit. Untuk speaker sudah pasti akan rusak jika terendam banjir, karena bagian depan atau konusnya terbuat dari bahan yang tak boleh terkena air.

8. Copot Karpet
Copot atau keluarkan karpet, jok, doortrim dan bagian interior lainnya yang telah basah akibat banjir. Cuci dan keringkan agar tak menyebabkan timbulnya jamur dan bau tak sedap, serta menghindari terjadinya karat pada bagian dalam kabin.

9. Bersihkan Saluran Pembuangan / Knalpot

Saluran pembuangan atau sistem knalpot juga harus dibongkar total. Proses pembersihan juga terbilang agak sulit apalagi lumpur masuk ke dalam katalisator knalpot. Proses kerja hingga pengeringan bisa memakan paling tidak 1 harian.

9. Periksa ECU
Bila terjadi pada mobil yang sudah menggunakan komponen engine control unit (ECU), sebaiknya langsung lakukan pemeriksaan ke bengkel resmi. Komponen ECU sangat sensitif dan kemungkinan mengalami kerusakan akibat telah terendam banjir.

10. Periksa Suara Mesin
etelah mesin dapat menyala, lakukan pemeriksaan seperti mendengarkan suara mesin, apakah terdengar ada suara mesin yang aneh atau tidak seperti biasanya. Jalankan mobil dengan sedikit menginjak pedal rem untuk mempercepat pengeringan sistem rem.

Kondisi mobil yang telah terendam banjir pastinya memang akan mengalami kerusakan. Tapi dengan tips di atas, kondisi mobil bisa lebih baik dan setidaknya terhindar dari kerusakan secara total, yang akan menguras banyak biaya.

SUMBER :http://www.otosia.com/tips/10-pertolongan-pertama-pasca-kebanjiran-p3k-pada-mobil-2.html

Ganti knalpot anda dengan knalpot yang tahan banjir

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s